Updates from February, 2008 Toggle Comment Threads | Keyboard Shortcuts

  • erpasoleh 1:37 am on February 28, 2008 Permalink | Reply  

    Duluan mana, Telur apa ayam…??? 

    Pertanyaan di atas sudah sering banget dilontarkan sejak tempo doeloe (kayaknya sich)…

    Dulu waktu kecil aku pernah ditanya Bapakku…’Lé, duluan mana endog opo ayam?’ (bahasa sengaja dicampuradukkan untuk memperkaya khasanah budaya bangsa…)

    Setelah aku agak besar….gantian aku yang melontarkan pertanyaan itu sama teman-temanku…”Hei bléh, endi sing metu dhisik nang alam dunia iki…endog opo ayam?” (bagi yang belum bisa bahasa Jawa, kira-kira pertanyaan itu sama dengan pertanyaan sebelumnya…tentang duluan mana antara telur dan ayam)…

    Jawaban untuk pertanyaan itu selalu muter-muter…gak ada ujungnya. Kalau kita jawab duluan ayam pasti ada yang nyeletuk “Lha ayam
    kan asalnya dari telur, berarti duluan telur donk”…Tapi kalau dijawab duluan telur juga selalu ada saja yang komentar “Lha telur sendiri dikeluarin dan dieramin sama si ayam, berarti ayam duluan donk”.Kalau begini terus mana jawaban yang benar? Ayam apa telur? Mari kita pikir bersama-sama…

    Sebenarnya kalau dipakai pendekatan logika dengan embel-embel assumsi maka kedua jawaban di atas benar…kalau dijawab ayam yang muncul dulu itu benar tapi kalau dijawab telur yang muncul dulu itu juga benar…

    Sekarang begini saja, ada tiga pilihan jawaban (berdasarkan asumsi atau definisi awal) yang aku tawarkan di sini selanjutnya terserah kalian mau pilih yang mana …

    1. Jika ayam adalah makhluk yang ‘dihasilkan’ dari telur ayam yang menetas.

    Mungkin saja ada makhluk lain yang ‘melahirkan’ (apa to istilah yang pas?) telur pertama yang mengandung embrio ayam sehingga kesimpulannya telurlah yang muncul lebih dulu dari ayam.

    1. Jika definisi telur ayam adalah telur yang ‘dilahirkan’ oleh ayam

    Mungkin saja ada ayam ajaib yang tidak berasal dari telur muncul secara tiba-tiba dan kemudian ‘melahirkan’ telur ayam. Sehingga kesimpulannya adalah ayam muncul lebih dulu dari telur.(Inilah salah satu keindahan matematika karena kadang matematika bisa digunakan untuk ‘menjerumuskan’ orang…) Jadi terserah kalian mau pilih jawaban yang mana…Sekarang bagaimana kalau kasusnya begini…

    1. Kita pilih jawaban pertama, telur muncul lebih dulu dari ayam

    Seandainya dulunya hanya ada 1 telur yang kemudian menetas jadi ayam, gimana kelanjutan nasib si ayam beserta regenerasinya lha wong dia gak punya ‘suami’/’istri’….

    1. Kita pilih jawaban kedua, ayam muncul lebih dulu dari telur

    Bagaimana sandainya yang pertama muncul adalah ayam jantan? Gimana bisa ada regenerasi, kan ayam jantan tidak bertelur???

    Tapi kalau menurutku sih antara ayam dan telur itu duluan ayam, sedangkan antara telur dan ayam itu duluan telur…

    telur boleh, yaa.. juga ayam boleh duluan, terserah deh mana yang duluan… asal jangan jadi buah pikiran mendingan jadi buah beneran 🙂

    AddThis Social Bookmark Button

    Advertisements
     
    • kielutcu 4:55 am on February 28, 2008 Permalink | Reply

      tetep GARINK luw wakakakakakaka,,,

    • tguh 6:23 am on February 28, 2008 Permalink | Reply

      LEH, GANTI THEME ATUH! biar ga sama kaya blog gw!

      huhahahahahaha….

      Btw, coba tulis lagi post diatas ditinjau dari sisi ilmiah?
      Hohohohoh….

    • [H] 9:20 am on February 28, 2008 Permalink | Reply

      Gw pikir ayam duluan. Tuhan nyiptain makhluk berpasang2an,,begitu juga ayam,,jadi dia g bengong sendirian di dunia tapi melakukan ‘sesuatu’ sehingga terciptalah Perusahaan Pengolahan Ayam saat ini 😎

      @tguh: Haha kembar ni yee!! 😛

    • [H] 9:28 am on February 28, 2008 Permalink | Reply

      Gile avatar gw keren yah di sini??? :mrgreen:

    • marshallryan 3:40 am on February 29, 2008 Permalink | Reply

      [H]erman narcis sama kantornya.. hahhahah…

      berarti tiap bulan bisa ada rencana bakar ayam dunkk… hahhah

      for Erpa Soleh : mendingan lo kawinin aja tu ayam biar punya anak yang bisa menjawab pertanyaan diatas.. hihih (u know what i mean??)

    • leonardo 4:21 pm on February 29, 2008 Permalink | Reply

      liat aja semua post nya. kategori nya aja basa-basi terus.

      dasar oleh. garingnya ga ilang2.

    • kielutcu 7:26 am on March 1, 2008 Permalink | Reply

      garink smuanyaaaaaaa T.T

    • leonardo 11:34 am on March 2, 2008 Permalink | Reply

      buset. padahal kmarin gw udah percaya lu mau berhenti garing leh.
      *nyesel*

      gw perhatiin semua post lu kategori nya ‘basa-basi’ semua leh. heuehuehue.

      soleh ga bakal bisa ga garing. itu udah ‘merek-dagang’ lu leh. trademark ™ klo kata orang batak.

      hidup garing

    • [H] 3:19 am on March 6, 2008 Permalink | Reply

      Buset skarang ‘trademark’ uda dipatenin sama orang batak yah?! hihihiii,,,

  • erpasoleh 1:26 am on February 27, 2008 Permalink | Reply  

    Sepatu cat gw locot di Busway 

    Dasar sial…Pagi-pagi dah bikin gw jadi tertekan… sepatu cat gw locot bawahnya : kebuka lebar kaya sepatu mau makan. Orang-orang di busway sih nggak pada ngeliatin 🙂 tiap langkah gw susun secara perlahan-lahan. Alias diatur jalannya di seret disana sini biar nggak nyalangap… aduh malu banget deh…. Gara-gara tersangkut ( kalau bahasa sunda nya titajong) di tangga busway… so patah terbelah di bangian tengahnya… memilukan

    Derak napas begitu pelan dan hentakan busway terus ngebut namun hati ini terus ribut, raut semraut kelaut murungkut, merengkel cap jahe wae…. So… akhirnya tiba juga di halte bunderan senayan… Huh… slamet deh. Sungguh pagi yang menyenangkan…

     
    • tguh 2:13 am on February 27, 2008 Permalink | Reply

      ck ck ck… jangan lupa cari warung biar bisa beli sendal jepit…

    • kielutcu 7:09 am on February 27, 2008 Permalink | Reply

      ada2 ja luw leh leh,, makanya bawa sepatu extra dunk!! :p

    • MarshallRyan 12:42 pm on February 27, 2008 Permalink | Reply

      Dasar orang gila.. !!!

    • [H] 9:07 am on February 28, 2008 Permalink | Reply

      Derak napas begitu pelan dan hentakan busway terus ngebut namun hati ini terus ribut, raut semraut kelaut murungkut, merengkel cap jahe wae…

      Haha keren leh!!

      Sungguh pagi yang menyenangkan…

      Garink maneh,,

  • erpasoleh 8:18 am on February 26, 2008 Permalink | Reply  

    Ternyata susah juga kembali ke garing 

    Ya…. garing, itulah celetukan, kritik atau entah apalah yang keluar dari temen-temen gw sewaktu kuliah dulu. Sifat ini sebenernya dah nggak aneh didengar di telinga teman-teman khususnya kelas B. Tiap detik , tiap hari , dan tiap tahun julukan garing melekat erat bak lem yang merekat susah untuk dihilangkan dari karakter yang terlanjur gw sandang.

    Seiring berjalannya waktu ….. lama kelamaan Lem tersebut terkikis. Banyak hal-hal yang harusnya garing menjadi tak garing. Ini tak terduga sama sekali….

    “Kemungkinan lingkungan kerja mempengaruhi sikap dan tingkah laku kita ”  Ya… itu adalah sebuah petikan yang mengikis lem kegaringan….

     
    • [H] 9:13 am on February 26, 2008 Permalink | Reply

      Haha garink lo leh,, :mrgreen:

    • utauta 1:05 am on February 27, 2008 Permalink | Reply

      kata siapa lo dah gak garing, NAH CERITA LO AJA SEKARANG GARING BANGET. :D, lo pengen dianggap gak garing lagi bukan dari ceritaan tersebut

    • tguh 2:14 am on February 27, 2008 Permalink | Reply

      tapi gpp, sekarang udah mulai agak filosofis… hohoho…

    • kielutcu 7:11 am on February 27, 2008 Permalink | Reply

      ck ck ck dr dulu emg g barubah leh,, ni ja udh GARINK super duper GARINK huehehehe,,,

    • MarshallRyan 12:45 pm on February 27, 2008 Permalink | Reply

      Garing lo!

    • The X Warrior 5:31 am on March 3, 2008 Permalink | Reply

      Hahahhahaaa…………..

      Emangnya menurut lo ga garingdari mana???

  • erpasoleh 4:39 am on February 25, 2008 Permalink | Reply  

    SATU IDENTITAS SATU KARTU 

    kejahatan kartu kredit semakin canggih. tak habis cara yang digunakan
    untuk menyadap dan memindahkan data dari satu kartu kredit ke kartu lainnya.
    bank sentral sampai harus mengeluarkan perintahnya yang terbaru agar bank penerbit
    mengganti kartu kredit berbasis pita magnetik menjadi basis chip pada 2009.

    kita belum tahu apakah perintah itu bisa membuat steril kartu kredit dari tangan-tangan jahil. Jauh lebih baik apabila pemilik kartu mengembangkan sikap waspada, seperti kata Dewan Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia Dodit Wiweko Probojakti berikut ini :

    1. Mintalah informasi tentang cara bertransaksi yang aman dari bank atau lembaga penerbit kartu kredit
    2. Simpan kartu kredit di dompet dan selalu bawa dompet kemanapun Anda pergi.
    3. Jangan sekali kali memberi tahu identitas dan data apapun tentang kartu kredit kepada pihak lain, termasuk
    nomor kartu kredit, terutama tiga atau tujuh angka terakhirnya.
    4. Jangan sembarangan bertransaksi menggunakan kartu kredit di internet. Cari data mengenai jaminan keamanan bertransaksi
    dari merchant atau situs penjual barang yang Anda perlukan. Hindari situs yang tidak jelas.
    5. Ketika bertransaksi di Internet, hindari fasilitas umum, seperti warung internet
    6. Jangan sungkan mengamati kasir ketika melakukan transaksi di merchant. pokoknya jangan biarkan kartu kredit lepas dari pandangan mata Anda
    7. Hindari bertransaksi menggunakan kartu kredit di toko yang mencurigakan.
    8. Setelah bertransaksi di kasir atau dari ATM, selau simpan dengan baik notanya. Jangan pernah membuangnya, kecuali telah dihancurkan terlebih dahulu
    9. Kalau kartu kredit Anda hilang atau dicuri, segera hubungi bank penerbit kartu agar segera memblokirnya.

    Sumber : Tempo

     
  • erpasoleh 8:43 am on February 20, 2008 Permalink | Reply  

    mau makan 

    Seorang lelaki masuk ke sebuah restoran. Kemudian dia bertanya kepada si pelayan.
    “Ayam ada?”
    “Ada!”
    “Kambing ada?”
    “Ada!”
    “Bebek ada?”
    “Ada!”
    Kalau begitu, suruh keluar semua sekarang! saya mau makan.

     
  • erpasoleh 6:46 am on February 20, 2008 Permalink | Reply
    Tags: cari makan   

    Cari makan sendiri 

    Ada seorang peternak sapi yang cukup berhasil dan punya beratus-ratus ekor sapi.

    Pada suatu hari datanglah seorang petugas peternakan yang menyamar dan bertanya “setiap hari sapi-sapi ini bapak beri makan apa?”.

    Peternak ” oh saya beri makan rumput-rumput saja”,

    “kalo begitu bapak saya denda karena telah memberi makan sapi-sapi ini secara tidak layak” kata si petugas. “Bapak saya denda 2 juta”.

    Akhirnya selang beberapa hari kemudian petugas tadi datang kembali dan menanyakan hal yang sama kepada si peternak.

    “Bapak beri makan apa sapi-sapi ini.??” kata si petugas.

    Si peternak menjawab ” saya beri makan keju, hamburger, & susu”

    “kalo begitu bapak saya denda 3 juta rupiah karena memberi makan diluar batas sewajarnya.. .!!” kata si petugas.

    Akhirnya seminggu kemudian datang lagi si petugas menayakan hal sama kepada si peternak.

    “bapak beri makan apa sapi-sapi ini..??” tanya si petugas.

    Akhirnya karena takut di denda lagi si peternak menjawab, “begini pak setiap hari semua sapi-sapi ini saya beri uang masing-masing tiga ribu rupiah, terserah mereka mau makan di mana….!! !!”.

    🙂

     
  • erpasoleh 6:44 am on February 20, 2008 Permalink | Reply  

    Humor gembala sapi 

    Ini cerita di sebuah pegunungan. Ada seorang peternak sapi yang sedang mengembalakan sapinya. Tiba-tiba ada seorang turis yang sedang mendaki gunung tersebut dan berkata kepada pengembala sapi.

    “Mas sapinya sehat-sehat amat. kasih makan apa?” tanya pemuda tersebut.

    “oh. sapi yang mana ya dek? yang hitam atau yang putih?” kembali bertanya si pengembala.

    “yang hitam dulu.” ujar pemuda itu.

    “ooo. yang hitam… kalau yang hitam saya beri makan rumput basah.” jawabnya.

    “kalau yang putih?” tanya pemuda lagi.

    “yang putih juga” jawabnya.

    “ooo.” pemuda agak heran. lalu bertanya lagi “sapinya ngeluarin susu sebulan berapa liter mas?” tanyanya.

    “yang mana ya? yang hitam atau putih dulu?” tanya pengembala.

    “yang hitam dulu juga boleh.” jawab pemuda.

    “yang hitam 1 liter sebulan.” ujar pengembala.

    “kalau yang putih?” tanya pemuda lagi.

    “yang putih juga” jawab pengembala lagi.

    saat itu pemuda menjadi gondok. dan berkata “kenapa sih mas selalu membedakan sapi hitam dengan sapi putih?

    “ooo. maaf, yang hitam itu punya saya.” jawab pengembala

    “ooo. saya juga minta maaf karena terlalu cepat emosi. kalau yang putih punya siapa?”

    “punya saya juga” jawab pengembala dengan santai.

    “&%&^%%!@#%*^!!!”

     
  • erpasoleh 4:29 am on February 20, 2008 Permalink | Reply  

    10 kebiasaan yang dapat merusak otak.. 

    Tanpa disadari rutinitas sehari² dan kebiasaan motorik kita dapat menyebabkan kerusakan pada otak.
    Sayang kan kalau masih muda sudah blo’on & pikun.
    Berikut merupakan rangkuman kegiatan sehari² yang secara tidak langsung dapat merusak otak kita, hendaknya setelah membaca ini kita dapat menjaga kesehatan otak kita.

    1. Tidak Sarapan Pagi
    Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

    2. Makan Terlalu Banyak
    Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

    3. Merokok
    Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

    4. Mengkonsumsi gula terlalu banyak
    Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak

    5. Polusi Udara
    Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

    6. Kurang Tidur
    Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

    7. Menutup kepala saat tidur
    Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

    8. Menggunakan pikiran saat sakit
    Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.

    9. Kurang menstimulasi pikiran
    Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

    10. Jarang berkomunikasi
    Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

    Ops… tambahan nih …

    11. menurut ahli kesehatan bahwa kebiasaan tidur setelah sholat ashar/menjelang magrib bisa menimbulkan kerusakan sel2 otak.

    Moga bermanfaat yaa…

     
    • [H] 4:42 am on February 20, 2008 Permalink | Reply

      Beuh mw jadi dokter lo leh?? Dahsyat!!!

      Salam garink :mrgreen:

    • tguh 6:11 am on February 20, 2008 Permalink | Reply

      wah soleh juga bikin blog!

      blogroll nya benerin dunk… tambahin link ke blog anak”…

      jangan lupa blog gw ya…

    • danis 7:53 am on February 20, 2008 Permalink | Reply

      wah soleh punya blog 🙂

  • erpasoleh 4:21 am on February 20, 2008 Permalink | Reply  

    Menghindari pikun dihari tua :) 

    pikun…. semua orang pasti akan mengalaminya. karna gw belum pikun jadi gw coba nulis dengan apa adanya tanpa menyingkirkan fakta yang ada dilapangan : …:) wow
    Langsung aja ya….sebenrnya pertanyaan ini menyangkut hal-hal yang sering dilakukan orang2 tua(bukan semua) mungkin usia 70 an atau  lebih ya, al :

    -Pelupa: Misalkan baru aja bicara ttg suatu hal tiba-tiba lupa. Sudah makan bilang belum dsb.

    -suka ngarang cerita ; ceritanya suka berubah-ubah. misal kan hari ini dalam seharian dia cerita tentang A. besok ganti cerita tentang B. padahal nggak ada satupun orang yg bercerita ttg hal2 tsb padanya. jadi aku simpulkan imajinasinya sendiri.

    -suka ngomong nggak karuan.

    Nah apakah hal2 tsb termasuk kategori yg di sebut pikun? atau sudah menyangkut penyakit lainnya. bisa nggak kita menghindari pikun di hari tua? ataukah penyakit ini memang sudah lumrah menjangkiti orang2 lanjut usia?

    Tidak bisa dipungkiri semakin bertambah usianya seseorang semakin bertambah pula gejala sering lupa, sehingga timbul pertanyaan: “Apakah saya ini sudah dalam proses menjadi Wong Pie Kun atau Alzheimer ?” Belum tentu ! Sebab gejala lupa ini bukan saja dialami oleh kaum manula, bahkan yang usianya dibawah 40 tahun sekalipun sering mengalami gejala yang serupa. Sebenarnya hal ini tidak harus terjadi, sebab telah terbuktikan bahwa setiap orang bisa hidup sehat tanpa harus jadi pikun sampai lanjut usia diatas 80 tahun.

    Kemunduran dari jaringan sel otak (neuron) terjadi, karena jarangnya dipakai sebagai contoh otot tidak akan berkembang, bahkan akan jadi mengecil apabila tidak dipergunakan. Di sisi lain bila jaringan atau organ terus dipakai atau dilatih, maka ini pasti akan bisa berkembang atau tumbuh sesuai beban latihan yang diterima.

    Kebanyakan kaum manula mempunyai prinisip pemikiran: “Sekarang sudah pensiun jadi sudah tiba waktunya bagi saya untuk istirahat, sambil mempersiapkan diri untuk pulang ke sorga, karena masa hidup saya di dunia ini akan segera berakhir !” Ini adalah satu pandangan dan pemikiran yang salah, walaupun kita sudah mencapai usia pensiun, ini bukannya berarti saya harus istirahat, karena hal ini hanya akan mempercepat proses penuaan sebagai orang pikun.

    Cara terbaik untuk mencegah atau memperlambat proses penuaan ialah aktiv terus.
    Or .. ada yang bilang bisa juga dengan menghafal Al-quran biar inget terus ama sang pencipta … juga Asmaul husna (ada 99 nama)

    moga manfaat deach 🙂

     
  • erpasoleh 4:12 am on February 20, 2008 Permalink | Reply  

    Penyakit tidur kebablasan.. 

    Em… dari judulnya aja dah aneh. kok bisa ya tidur kebablasan … apa itu kebiasaaan or kita sebut saja suatu penyakit 🙂 biar keren dikit –

    kita fokus pada penyebabnya. normalnya tidur sehat itu 8 jam sehari ( walaupun gw suka tidur siang jadi dilebihin satu jam). but penyakit tidur yang sering kita dengar antara lain :

    1. Insomnia (susah tidur).. Initial insomnia, susah untuk memulai tidur, biasanya berkaitan dengan anxietas (kecemasan), sementara middle insomnia, gampang tidur, tapi berkali2 terbangun karena mimpi, jika mimpi yang menyedihkan bisa berkaitan dengan depresi, sedangkan mimpi yang menakutkan bisa berkaitan dengan anxietas. Sedangkan late insomnia, gampang tidur, tp selalu bangun terlalu cepat, biasanya berkaitan dengan depresi..

    2. Hipersomnia, bisa berkaitan dengan sleep apneu atau gangguan afektif..

    em serem juga ya kalau kita yang ngalaminya…..

    so solusinya gimana …nanti setelah pesan-pesan berikut ini.

     
    • jon 2:06 am on June 21, 2010 Permalink | Reply

      hehehehe aku tau nama penyakitnya,,,
      kebuangeten…

    • fanny 10:56 am on October 25, 2010 Permalink | Reply

      oya, aku mau tanya klo kita sering ngantuk terus bawaannya itu kata nya kena penyakit !!
      penyakit apa ya ??

    • dokter hewan 5:38 pm on September 8, 2011 Permalink | Reply

      suka tidur itu penyakit orang malas seperti kebo… hehehe
      makanya jangan kurang jangan lebih tidur 8 jam Per hari

c
Compose new post
j
Next post/Next comment
k
Previous post/Previous comment
r
Reply
e
Edit
o
Show/Hide comments
t
Go to top
l
Go to login
h
Show/Hide help
shift + esc
Cancel