Menghindari pikun dihari tua :)

pikun…. semua orang pasti akan mengalaminya. karna gw belum pikun jadi gw coba nulis dengan apa adanya tanpa menyingkirkan fakta yang ada dilapangan : …:) wow
Langsung aja ya….sebenrnya pertanyaan ini menyangkut hal-hal yang sering dilakukan orang2 tua(bukan semua) mungkin usia 70 an atau  lebih ya, al :

-Pelupa: Misalkan baru aja bicara ttg suatu hal tiba-tiba lupa. Sudah makan bilang belum dsb.

-suka ngarang cerita ; ceritanya suka berubah-ubah. misal kan hari ini dalam seharian dia cerita tentang A. besok ganti cerita tentang B. padahal nggak ada satupun orang yg bercerita ttg hal2 tsb padanya. jadi aku simpulkan imajinasinya sendiri.

-suka ngomong nggak karuan.

Nah apakah hal2 tsb termasuk kategori yg di sebut pikun? atau sudah menyangkut penyakit lainnya. bisa nggak kita menghindari pikun di hari tua? ataukah penyakit ini memang sudah lumrah menjangkiti orang2 lanjut usia?

Tidak bisa dipungkiri semakin bertambah usianya seseorang semakin bertambah pula gejala sering lupa, sehingga timbul pertanyaan: “Apakah saya ini sudah dalam proses menjadi Wong Pie Kun atau Alzheimer ?” Belum tentu ! Sebab gejala lupa ini bukan saja dialami oleh kaum manula, bahkan yang usianya dibawah 40 tahun sekalipun sering mengalami gejala yang serupa. Sebenarnya hal ini tidak harus terjadi, sebab telah terbuktikan bahwa setiap orang bisa hidup sehat tanpa harus jadi pikun sampai lanjut usia diatas 80 tahun.

Kemunduran dari jaringan sel otak (neuron) terjadi, karena jarangnya dipakai sebagai contoh otot tidak akan berkembang, bahkan akan jadi mengecil apabila tidak dipergunakan. Di sisi lain bila jaringan atau organ terus dipakai atau dilatih, maka ini pasti akan bisa berkembang atau tumbuh sesuai beban latihan yang diterima.

Kebanyakan kaum manula mempunyai prinisip pemikiran: “Sekarang sudah pensiun jadi sudah tiba waktunya bagi saya untuk istirahat, sambil mempersiapkan diri untuk pulang ke sorga, karena masa hidup saya di dunia ini akan segera berakhir !” Ini adalah satu pandangan dan pemikiran yang salah, walaupun kita sudah mencapai usia pensiun, ini bukannya berarti saya harus istirahat, karena hal ini hanya akan mempercepat proses penuaan sebagai orang pikun.

Cara terbaik untuk mencegah atau memperlambat proses penuaan ialah aktiv terus.
Or .. ada yang bilang bisa juga dengan menghafal Al-quran biar inget terus ama sang pencipta … juga Asmaul husna (ada 99 nama)

moga manfaat deach🙂