Jatuhnya Kapitalisme Amerika

Berikut kisahnya :

Mei
Eksekutif Lehman berniat merger atau menjual saham perusahaan ke Barclays Capital, bank asal inggris.Juga ke Korea Development Bank, bank milik pemerintahan korea. Tapi pembicaraan gagal karena yang didekati akhirnya tahu Lehman punya masalah keuangan
13 juli
Departemen Keuangan dan bank sentral Amerika Serikat menyelamatkan (menasionalisasi) firma keuangan Fannie Mae dan Freddie Mac, yang terlilit kredit macet sektor perumahan di negara itu.
7 september
Pemerintah mengambil alih kredit macet Fannie Mae dan Freddie Mac.
11 september
Lehman terang-terangan menyatakan akan dijual. Harga saham perusahaan terus turun 45 persen begitu investor tahu bank investasi yang tadinya terbesar di Amerika itu kesulitan memperoleh dana segar.
14 dan 15 september
Bank Investasi Lehman Brothers Holdings Inc, dengan aset senilai US$ 639 miliar, menyatakan bangkrut. Ini perusahaan yang mengalami kebangkrutan terbesar sepanjang sejarah Amerika Serikat. Pesaingnya, Merrill Lynch & Co, terpaksa setuju ambil alih oleh Bank of America Corp. Merrill Lynch juga menghadapi masalah keuangan yang sama.
16 september
Bank sentral Amerika Serikat mengucurkan pinjaman US$ 85 mililar ke American International Group Inc (AIG), perusahaan asuransi terbesar di dunia. kalau tidak cepat-cepat ditolong, AIG akan berakhir tragis seperti Lehman
Dengan pengucuran dana ini, pemerintah Amerika menguasai 80 persen saham di AIG.
17 september
Barclays, Inggris, setuju membeli aset Lehman di Amerika Utara senilai US$ 1,75 miliar.
19 september
Presiden George W.Bush mengumumkan rencana penyelamatan dengan dana US$ 700 miliar (sekitar Rp 6.500 trilliun).
21 september
Bank Sentral Amerika setuju mengubah Morgan Stanley dan Goldman Sachs dari bank investasi menjadi bank induk (komersial). Dengan perubahan ini, kedua bank tersebut bisa menarik dana pihak ketiga dari deposito untuk menambah likuiditas.

tempo