Anak umur 14 tahun kok masih manja?

Anak bisa manja adalah hasil dari didikan kita sendiri. Coba perhatikan, Anak terlahir tanpa tau apa-apa dan butuh sekali yang namanya orang lain. Ketika umurnya masih kecil otomatis ibunyalah yang memberikan makan dan minum kepada si anak, but apakah si ibu memberikannya terus menerus dalam tahu-ke tahun, anak tumbuh dewasa sementara ia hanya mengandalkan makan dan minumnya disuap oleh ibunya.
Berapa banyak adek-adek kita yang masih SD yang masih belum bisa memakai baju sendiri, dan makan pun harus selalu sudah siap untuk dibawa. Dimana letak pembelajarannya. Sampai kapan anak-anak akan terus menerus dipaksa ketergantungan sama orangtuanya.
Misal, kalo anak mau makan terus ia tidak bisa memasukannya ke mulut dan makannnya tumpah kesana kemari cobalah dimotivasi “teruskan sayang, mari ibu bantu, coba lagi terus”, nah.. disisi lain ada juga ibu yang tidak mau repot anaknya untuk makan sendiri, “Aduh, adek makannya kok tumpah kesana kemari sudah biar ibu saja yang menyuapi mu”.
So, lama kelamaan anak-anak kita akan menjadi manja dan tidak mandiri akibat ulah kita sendiri. Biarkanlah anak berjuang belajar untuk mandiri, ketika makan biarkan ia mengabil sendiri tanpa harus kita suruh. Bukan berarti kita menelantarkan mereka, tapi supaya mereka mau belajar dan mendapat perhatian pula dari orang tuanya.