Akreditasi Program Studi

Pertanyaan yang sering di ajukan adalah apakah akreditasi program studi itu penting? kebanyakan Perguruan Tinggi mengabaikan begitu saja status kadaluwarsanya sehingga tidak berlaku lagi. Nah dalam hal ini siapakah yang dirugikan? hal ini dapat merugikan berbagai pihak antara lain:

1. Para Alumni/Mahasiswa

2. Nama Program Studi

3. Public

4. stock holder

Misalkann saja dari DEPPERIN sedang membuka calon untuk CPNS yang mensyaratkan Akreditasi Program Studi itu harus ‘A’ dan syarat ini baru bisa terpenuhi jika Program Studi terakreditasi ‘A’.

Hal yang terpenting pula bahwa akreditasi program studi itu adalah untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang ada di PS. ketika mutu sudah terjaga maka terlihat suasana akademik yang kondusif dan meningkatkan kualitas lulusan yang terbaik

bagaimana mutu itu bisa terjaga?, nah caranya adalah mengevaluasi berbagai kemungkinan yang terjadi dimasa yang akan datang atau bagaimana cara kita memandang tantangan sebagai sebuah peluang untuk meningkatkan mutu yang telah ada.

kebanyakan dari PS tidak menyadari bahwa tantangan dijadikan hambatan. Dalam hal ini akan menjadi beban yang menghambat bagi peningkatan kualitas mutu pendidikan.

Cheers,

soleh