FAQ about accreditation

Berikut adalah sebagian besar rangkuman kegiatan setelah saya mendengarkan para peserta sosialisasi, berikut kurang lebih mengajukan pertanyaan seperti di bawah ini:

1. Apakah saya bisa mengajukan akreditasi sementara belum ada lulusan?

answer : bisa, selama syarat untuk mengukan akreditasi terpenuhi

2. Apakah saya bisa mendapatkan nilai B sementara belum ada lulusan?

answer : kemungkinan bisa saja karena masih ada point yang lain selain lulusan

3. Apakah bisa saya mendapatkan nilai B sementara saya baru mengajukan akreditasi?

answer : jarang sekali tapi minimal C

4. Apakah akreditasi itu wajib?

answer : ya wajib, menurut UU Sisdiknas

5. Mengapa harus di akreditasi?

answer : untuk mengukur kelayakan suatu program studi

6. Apa bedanya akreditasi program studi dengan institusi?

answer : menilai kelayakan suatu Program studi/institusi, contoh Akreditasi program studi Biologi berarti yang di nilai adalah prodinya bukan institusinya, Contoh akreditasi institusi pada perguruan tinggi UI berarti mengakreditasi institusinya bukan prodinya.

7. Apakah peringkat itu bisa naik/turun?

answer : bisa naik atau bisa juga turun, karena mutu itu tidak selamanya stabil. harus di evaluasi secara terus menerus bukan hanya ketika akan mengajukan akreditasi saja.

8. Untuk berapa lama hasil akreditasi program studi?
answer : 5 tahun

9. Apakah saya bisa mengajukan keberatan mengenai hasil akreditasi?
answer : bisa, jikalau kurang puas dengan penilaian asesor atau asesor tidak fair dalam memberikan nilai. sebutkan point berapa yang tidak fair kemudian kirim surat ke BAN-PT

10. Apakah saya bisa jadi asesor?

answer : bisa, dengan mengajukan syarat yang telah ditetapkan dari BAN-PT lalu kemudian akan diseleksi sesuai dengan apa yang telah disyaratkan

11. Saya masih melihat akreditasi U apa itu artinya U?
answer : U = Unggul (kalo sekarang A)

***Jika dirasa ada keliru mohon untuk dikoreksi, berhubung yang nulis adalah manusia kemungkinan salah itu ada