Cara mudah membuat borang akreditasi program studi

Definisi dan cara Membuat Borang Akreditasi

Borang = Dokumen Akreditasi

Bingung membuat borang? Harus mulai dari mana? Membuat borang akreditasi tidaklah mudah boleh dibilang gampang-gampang susah, dibilang gampang tidak di bilang susah juga tidak terutama bagi program studi yang baru pertama kali mengajukan akreditasi. Borang program studi ini umumnya mendeskripsikan beberapa standar yang telah ditetapkan oleh BAN-PT yaitu :

1. Visi dan Misi

2. Tata Pamong

3. Mahasiswa dan Lulusan

4. Sumber daya Manusia

5. Kurikulum

6 Pembiayaan

7. penelitian

Proses pembuatan borang

1. kumpulkan data-data

pengumpulan data agar supaya data yang diborang lebih konsisten dan teratur terutama dalam hal segi jumlah. Data pendukung borang ini akan lebih menarik jika disajikan dalam bentuk grafik dan summary’nya. Manajemen pengarsipan data yang baik akan membantu dalam pembuatan borang yang baik juga. Data-data pendukung seperti data Jumlah Mahasiswa, Data Dosen dsb.

2. Menganalisis data

Data yang dikumpulkan di analisis terlebih dahulu mana-mana yang bisa didokumentasikan kedalam borang.

3. Memulai dengan Menulis borang

Ada baiknya dalam proses pembuatan borang dibentuk TIM, kenapa harus dibuat oleh TIM? ingat borang itu akan lebih menarik jika dipecah-pecah dalam soal pengerjaannya. Bisa kita ibaratkan membuat sebuah gedung bertingkat kita tidaklah sendirian membuatnya, ada yang khusus menangani desainnya, ada juga yang nge-handle pengecorannya dsb. Alhasil pembuatan borang akan lebih cepat dengan TIM ini. Pembagian bisa dilakukan dengan 7 Standar tadi. 1 orang mengerjakan 1 standar agar supaya lebih fokus dan setelah itu hasilnya di rundingkan supaya datanya konsisten dan berkorelasi antar standar

4. Tools benchmarking

Mulailah dengan simulasi ingin mendapatkan nilai berapa? caranya dengan mendownload buku Matriks. Disitu dijelaskan nilai 1 jika dan nilai 2 jika sampai nilai 4. Jika ingin mendapatkan nilai bagus (Grade A) maka pilih nilai mendekati maxsimum (4) dan akan terlihat sejauh mana proses manajemen didalam prodi serta akan terlihat kekurangan-kurangannya.

Hal-hal yang harus di hindari dalam pembuatan borang

Sebagian penulisan borang tidak selamanya  mengacu pada data yang sebenarnya. Data yang ada di Prodi berbeda dengan data yang disajikan di dalam borang. Memang hal ini sering terjadi karena dengan alasan ingin mendapat nilai yang bagus.

  • Data harus benar dan sesuai (real) dengan kondisi yang ada dilapangan (prodi) tulis saja apa adanya asal jangan mengarang indah
  • Copy Paste, Masalah klasik yang sering terjadi dalam penulisan borang

Jika sudah siap Kirim Segera

Jika borang dan dokumen lain sudah siap untuk mengajukan akreditasi silahkan kirim segera karena lebih cepat lebih baik dan pastikan persyaratan dipenuhi agar supaya cepat diproses.

Aneka Tip-tips

  • Usahakan Borang mudah dibaca dan simple, tidak berbelit-belit dan juga tidak mengulang kata-kata/kalimat
  • Apa yang disajikan di borang itulah yang dibaca oleh asesor. Dalam hal ini haruslah hati-hati dalam menulis, salah menulis dapat berakibat salah deskripsi, salah deskripsi berarti salah dalam menggambarkan, salah menggambarkan berarti salah menyampaikan pesan, akibat salah menyapaikan pesan inilah yang harus diantisipasi.
  • borang akan lebih rapih jika di jilid seperti buku, atau minimal di jilid spiral
  • Penulisan nama PT dan PS pada Cover/sampul harus jelas, jangan sampai berbeda dengan pada saat pengajuan borang
  • Penting, KORELASI infomasi antara borang program studi, Evaluasi diri dan borang pengelola harus sama, jangan sampai ada informasi yang berbeda di dalam 3 item  diatas.
  • borang tidak diukur dari tebalnya halaman, melainkan isi dari borang itu sendiri
  • Apapun hasilnya kita harus menerimanya dengan baik, karena itu kualitas harus dijaga terus menerus jangan sampai proses mutu hanya belangsung ketika ada akreditasi saja.

Terakhir judul sampul harus jelas seperti mencantumkan nama PT, nama prodi, jenjang dan juga deskripsi borang itu sendiri seperti evaluasi diri, buku 3a atau 3b. Usahakan nama Perguruan Tinggi/Prodi yang diajukan sama dengan data yang di PD DIKTI

Proses Berikutnya

Setelah borang disubmit ke BAN-PT lanjut ke proses Desk Evaluasi (Assesment Kecukupan) oleh 2 orang Asesor dan dilanjutkan dengan Visitasi ke Perguruan Tinggi.

Visitasi

Visitasi tidak sama dengan Audit hanya mengecek ada atau tidak

Tujuan Meninjau apakah benar data yang ditulis diborang akan diklarifikasi kebenaraanya. Adapun sebagai contoh misal dalam butir Kerjasama Luarnegeri di borang tertera ada 2 maka team asesor akan menanyakan apakah ada dokumen kerjasama? Kerjasamanya seperti apa? Mou dan dsb

Selemat Mencoba