-_- Suzuki Hayate 125 tarikan Josss…

22022013142011
Awalnya, beli hayate karena katanya jarang mengaspal dijalan. Tentu membuat motor ini semakin exclusive diantara yang lain dan bahkan motor baru turun dari mobil pas test drive keliling perumahan ada yang tanya, ni motor model baru bukan? hehe… padahal udah dari thn 2011…

so…

dari rumah awalnya terasa banget kesan exclusive’nya… karena ternyata sekampung itu cuma ada satu-satunya… haha

pas masuk ke jalan raya masih nempel kesan exlusive’nya

BUT, selelah sampai kira-kira sawangan/pondok cabe rupa-rupanya kesan exlusive mulai ilang…

Ternyata…
22
HAYATE ITU SUDAH BANYAK YANG PAKE

Arrrggaaaahhhh

tapi, masih eklusif lah berhubung ane belum nemuin varian warna yang sama pas waktu berangkat kerja….. xixi

memang orang-orang kita sering gagap dengan barang tertentu, lagi rame blackbery pada beli BB, padahal kalo orang yang sedikit ngerti tuh hp padahal buat chat doank, ya karena ada sedikit gengsi dan takut dianggap ngak gaul maka dengan terpaksa membeli BB, udah hidup ini jangan dibikin susah hanya karena harus ikut-ikutan orang lain… termasuk mungkin dalam hal otomotif…

‘pah, tetangga kok bisa ya ambil mobil xxx padahal kan ia cuma guru?’ lantas apa yang terjadi ketika mendengar hal tersebut? yang pasti kita tidak mau ketinggalan dan sepertinya kita pun bisa ambil mobil…..

glek

‘pah, tetangga kok bisa sih ambil motor, padahal kan ia cuma tukang ojek?, kalo yang dengerin masih sesama tunkang ojek saya rasa akan sama seperti hal diatas, pasti akan ikut-ikutan juga…..

ikut-karena memang gengsi dan merasa saya mampu
atau ikut karema memang iri dan merasa kitalah yang paling mampu untuk membelinya…

hah….. hidup memang sudah dibikin susah…. SEDERHANALAH simple bukan.

back to topic….

Ane salut ni motor ini ngak ada yang namanya gejala brebet, sering ganti busi lah, tenaga hilang dan penyakit lainnya. Ni yang ajiiib dari motor Buatan Suzuki…. Well done aja…. tanpa masalah apapun

Nyesek donk kalo udah beli apalagi belinya CASH pas make ternyata banyak penyakitan… haduh-haduh apalagi dibawa bolak balik service ngak kelaar-kelar masalahnya…. tambah pusing…

dari segi konsumsi BBM cukup lah menandingi supra fit lawas, 10 rebu uda bs PP bogor – jakarta. Kok bs ya? pasti ada apa apanya.

Tentunya bs diakali dengan tarikan gas awal-awal jangan langsung polll apalagi track jakarta tau sendiri bentar-bentar berhenti… lampu merahnya ampe 120 sekian…. dsb lah ngerayapp

memang beda orang beda cara bawa motor [riding style] …. sok saja liat di jalan

ada yang pelan sambil ngobrol, ada yang ngebut abis… ada yang sms-an dan style yang lain tentu mempengaruhi Konsumsi BBM bukan? but Komsumsi BBM ngak terlalu dipermasalakan yang penting kendaraan yang kita tumpangi nyaman dan tidak menguras kantong, bukan begitu sob?

jika sob ingin membeli motor baru apa sih yang menjadi pertimbangan?
apakah dari segi iritnya? atau modelnya bagus? atau memang tidak suka membeli motor baru….motor bekas mulu… fans berat

udah ah, mending sob baca yang ini penting buat bikers yang baru mengaspal siapa tau sob termasuk disini

beberapa teknik safety yang harus sob lakukan dalam berkendara
1. Fokus dan memang kita sedang bekendara, jangan sampai fikiran kita mempengaruhi fokus dan penglihatan kita hanya karena gara-gara melamun misalkan atau liat-liat sesuatu baik itu spanduk, reklame atau promosi apapun yang membuat k ita tidak fokus.

2. Jangan ngebut di track yang tergenang AIR. tahu kenapa? dalam genangan air itulah kubangan jadi tertutup? siapa tau pas enak ngebut eh taunya ada lubang di genangan …. duk….dukkk…. ahhh siap-siap oblag
3. Emosi must be controlled, sehebat apapun kita berkendara kalo uda di jalan raya siap-siap aja nemuin pengendara yang cupu…
4. dilarang nyalip di track kiri except memang banyak kendara lewat situ (fatmawati-blokM) apalagi di track lurus (perempatan gaplek – parung ampe bablas ke bogor) wah jangan dah sob bisa brabe
5. kalo mau nyalip usahain liat pengendara lain dibelakang lewat kaca SPION. kenapa, karena untuk menghindari adu senggol dan siapa tau yang mau nyalib dari belakang duluan…. hayoooo
6. CEK klaksok, hal ini buat ngindarin nabrak TUKANG BUBUR yang sedang menyebrang… pernah liat soalnya, mau cari rejeki malah ditabrak motor….
7. Ada lubang dijalan? TAG aja sob, alias di inget inget bahwa di jalan itu ada lubang. Hal ini buat menghindari masuk ke lubang yang sama supaya absorber dan pelk tidak cepat rusak
8. Hujan gede plus ada angin kuenceeng, baiknya berhenti.karena jarang pandang menjadi terbatas sob apalagi kalo dimalam hari.
9. Tanamkan kalo kita itu berangkat untuk bekerja bukan untuk balapan. lagian kalo balapan ane ngak mau takut menang sob!
10. Berangkat kerja jangan tergesa-gesa. Kalo jam masuk jam 8 ada baiknya berangkat lebih awal ya sob, karena mindset kita jam karet jadi berangkat agak siang nah tau sendiri kan kalo uda kepepet macet. Udah gitu ada rapat dikantor lagi…yang terjadi adalah ketergesa-gesaan, menyalib ngak karuan, macet dikit klakson, pokonya pengennya nyalip…. so budayakan disiplin waktu ya sob! kalo dihitung menurut pengalaman 1 menit saja berhenti di track parung setara dengan 2-3 km, itu artinya kalo kita telat 5 menit saja berapa km sob?
11. pernah nemuin pita getar sob? atau barisan tanggulan kecil putih berderet, nah itu artinya disekitar situ sering terjadi kecelakaan jadi kurangi speednya ya sob.
12. Zona selamat sekolah, kalo lewat sini juga jangan ngebut ya sob! banyak bocah soalnya
13. sein ketika mau belok minimal 15-20 meter sebelum kita mau belok, hal ini penting supaya ngak diteriaki ama pengengdara lain ya sob! dan meminimalisir tabrak dari belakang

Overall

  • Motor ni cocok buat yang berbadan gede enak lagi pake boncengan lebih cocoknya motor keluarga anak istri ke angkut [pokonya ngak khawatir velk peang]
  • Minim perawatan karena mesin sudah ok ngak ada masalah apapun
  • Service ringan cukup 6 bulan sekali aja dan minim antrian [malah uda bs service sendiri]
  • Kalo yang budget kecil cicilan kredit cukup ringan [dengan spec 125 cc + double sock + helm in]
  • Motor ini cukup Kentjang banget jadi ati-ati kalo ngebut
  • Spare part mahal? tergantung, kalo ngak punya duit ya iya
  • Service ngak usah pake buka jok, cukup dari samping tinggal buka
  • dan yang paling penting jarang jajan apalagi harus gonta ganti busi dan bebas dari dengkuran🙂
  • bodi bebas getar karena bautnya puanjang
  • motor baru ada sistem pre-chek sebelum dianter di rumah jadi ngak asal milih motor
  • kalo memang lagi boke, dealer suzuki selalu ngegelar pesta oli… gratis [cermati aja kalo lewat dealer suzuki tiap bulan 1 kali, jatuh kalo ngak hari sabtu/minggu, biasanya di akhir bulan]
  • Suzuki mega camp, nih yang mau potongan dp gede disini tempatnya

Oli rekomen : Pertamina Enduro matic ok, pake oli 4 tak juga hayu aja asal ada JASO MB/MA
Bensin : Pertamax kalo punya duit, gengsi dikit beli shell, pas boke pilih premium aman-aman aja

dan kelebihan pertamax salah satunya gampang di starter pada saat kondisi mesin dingin biasanya di pagi hari dan lebih bertenaga

untuk lebih hemat bahan bakar gunakan oli mesin 10w30 tapi resikonya suara mesin jadi agak sedikit brisik kalo 20w40 suara mesin hening tapi tarikan berat

service rutin :

cek oli gardan : 9rb km

ganti busi NGK [= shogun / smash]:  [ 4 rb km lebih bagus]

oli penggantian : 2rb-2.5 km3

ganti oli filter : 15rb km

ganti v-belt : 25rb km/ bs juga kurang [tergantung pemakaian]

kalo ngak suka AHO, bisa ganti pake yang skywave datang aja ke BERES

WARNING : Hati-hati dengan setelan LANGSAM, perlu sedikit ilmu dalam hal ini karena salah putar saja mesin bisa ngak hidup sama sekali, settingan bisa terlalu irit atau terlalu boros… lebih baik di BERES saja yang nyeting. untuk setingan motor baru turun biasanya di set agak sedikit boroz dan settingan akan stabil jika sudah lebih dari 2-3 kali service

saya kasih bintang lima untuk kenyamanan dan durabilitas mesin dan juga pelayanannya. Halo suzuki benar2 memperhatikan konsumennya menanyakan tentang kondisi motor yang baru di beli, salut!

bintang

ngak kerasa sudah STAGE 3 HAYATE DIMENSION [current -2013]

zhayate_white1zhayate_red1zhayate_green1zhayate_blue1