Updates from February, 2008 Toggle Comment Threads | Keyboard Shortcuts

  • erpasoleh 4:21 am on February 20, 2008 Permalink | Reply  

    Menghindari pikun dihari tua :) 

    pikun…. semua orang pasti akan mengalaminya. karna gw belum pikun jadi gw coba nulis dengan apa adanya tanpa menyingkirkan fakta yang ada dilapangan : …:) wow
    Langsung aja ya….sebenrnya pertanyaan ini menyangkut hal-hal yang sering dilakukan orang2 tua(bukan semua) mungkin usia 70 an atauΒ  lebih ya, al :

    -Pelupa: Misalkan baru aja bicara ttg suatu hal tiba-tiba lupa. Sudah makan bilang belum dsb.

    -suka ngarang cerita ; ceritanya suka berubah-ubah. misal kan hari ini dalam seharian dia cerita tentang A. besok ganti cerita tentang B. padahal nggak ada satupun orang yg bercerita ttg hal2 tsb padanya. jadi aku simpulkan imajinasinya sendiri.

    -suka ngomong nggak karuan.

    Nah apakah hal2 tsb termasuk kategori yg di sebut pikun? atau sudah menyangkut penyakit lainnya. bisa nggak kita menghindari pikun di hari tua? ataukah penyakit ini memang sudah lumrah menjangkiti orang2 lanjut usia?

    Tidak bisa dipungkiri semakin bertambah usianya seseorang semakin bertambah pula gejala sering lupa, sehingga timbul pertanyaan: “Apakah saya ini sudah dalam proses menjadi Wong Pie Kun atau Alzheimer ?” Belum tentu ! Sebab gejala lupa ini bukan saja dialami oleh kaum manula, bahkan yang usianya dibawah 40 tahun sekalipun sering mengalami gejala yang serupa. Sebenarnya hal ini tidak harus terjadi, sebab telah terbuktikan bahwa setiap orang bisa hidup sehat tanpa harus jadi pikun sampai lanjut usia diatas 80 tahun.

    Kemunduran dari jaringan sel otak (neuron) terjadi, karena jarangnya dipakai sebagai contoh otot tidak akan berkembang, bahkan akan jadi mengecil apabila tidak dipergunakan. Di sisi lain bila jaringan atau organ terus dipakai atau dilatih, maka ini pasti akan bisa berkembang atau tumbuh sesuai beban latihan yang diterima.

    Kebanyakan kaum manula mempunyai prinisip pemikiran: “Sekarang sudah pensiun jadi sudah tiba waktunya bagi saya untuk istirahat, sambil mempersiapkan diri untuk pulang ke sorga, karena masa hidup saya di dunia ini akan segera berakhir !” Ini adalah satu pandangan dan pemikiran yang salah, walaupun kita sudah mencapai usia pensiun, ini bukannya berarti saya harus istirahat, karena hal ini hanya akan mempercepat proses penuaan sebagai orang pikun.

    Cara terbaik untuk mencegah atau memperlambat proses penuaan ialah aktiv terus.
    Or .. ada yang bilang bisa juga dengan menghafal Al-quran biar inget terus ama sang pencipta … juga Asmaul husna (ada 99 nama)

    moga manfaat deach πŸ™‚

     
  • erpasoleh 4:12 am on February 20, 2008 Permalink | Reply  

    Penyakit tidur kebablasan.. 

    Em… dari judulnya aja dah aneh. kok bisa ya tidur kebablasan … apa itu kebiasaaan or kita sebut saja suatu penyakit πŸ™‚ biar keren dikit –

    kita fokus pada penyebabnya. normalnya tidur sehat itu 8 jam sehari ( walaupun gw suka tidur siang jadi dilebihin satu jam). but penyakit tidur yang sering kita dengar antara lain :

    1. Insomnia (susah tidur).. Initial insomnia, susah untuk memulai tidur, biasanya berkaitan dengan anxietas (kecemasan), sementara middle insomnia, gampang tidur, tapi berkali2 terbangun karena mimpi, jika mimpi yang menyedihkan bisa berkaitan dengan depresi, sedangkan mimpi yang menakutkan bisa berkaitan dengan anxietas. Sedangkan late insomnia, gampang tidur, tp selalu bangun terlalu cepat, biasanya berkaitan dengan depresi..

    2. Hipersomnia, bisa berkaitan dengan sleep apneu atau gangguan afektif..

    em serem juga ya kalau kita yang ngalaminya…..

    so solusinya gimana …nanti setelah pesan-pesan berikut ini.

     
    • jon 2:06 am on June 21, 2010 Permalink | Reply

      hehehehe aku tau nama penyakitnya,,,
      kebuangeten…

    • fanny 10:56 am on October 25, 2010 Permalink | Reply

      oya, aku mau tanya klo kita sering ngantuk terus bawaannya itu kata nya kena penyakit !!
      penyakit apa ya ??

    • dokter hewan 5:38 pm on September 8, 2011 Permalink | Reply

      suka tidur itu penyakit orang malas seperti kebo… hehehe
      makanya jangan kurang jangan lebih tidur 8 jam Per hari

  • erpasoleh 3:52 am on February 20, 2008 Permalink | Reply  

    Buat para perokok 

    ternyata banyak juga Racun pada Rokok ? wuw mengerikan πŸ™‚

    Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

    • Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
    • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
    • Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

    Efek Racun

    Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):

    • 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
    • 4x menderita kanker esophagus
    • 2x kanker kandung kemih
    • 2x serangan jantung

    Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.

    Batas Aman

    Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.

    TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG TERPAPAR ASAP ROKOK.

    Lantas gimana kalo pengen berhenti untuk merokok.

    1. tanyakan pada diri sendiri alasan dan keuntungn ngerokok.

    Ada yang lebih extrime cara untuk berhenti meroko :

    BERHENTI LANGSUNG DENGAN NIAT

     
c
Compose new post
j
Next post/Next comment
k
Previous post/Previous comment
r
Reply
e
Edit
o
Show/Hide comments
t
Go to top
l
Go to login
h
Show/Hide help
shift + esc
Cancel